Recent Posts

Selasa, 18 September 2012

0 komentar

Hipotensi Ortostatik




 Definisi
     Pernah melihat seseorang yang butuh waktu sangat lama untuk sekedar bangun dari tempat tidurnya karena takut akan ambruk lagi ketika tiba-tiba berdiri? Atau ternyata kamu sendiri yang seperti itu? Pernah mendengar kata Orthostatic Hypotension?
      Orthostatic Hypotension (hipotensi ortostatik/hipotensi postural), terdiri dari dua kata, yaitu orthostatic yang berarti postur tubuh saat berdiri dan hypotension yang berarti tekanan darah rendah. Artinya, ini adalah keadaan dimana terjadi penurunan darah yang tiba-tiba saat perubahan posisi dari duduk menjadi berdiri. Tekanan darah pasien saat posisi biasa dapat normal atau juga sedikit turun.
Ketika seseorang berdiri, gravitasi menyebabkan darah berkumpul di kaki. Penurunan tekanan darah disebabkan hanya sedikit darah yang kembali ke jantung untuk dipompa. Normalnya, terdapat suatu sel khusus (baroreceptor) di dekat jantung dan arteri yang mendeteksi penurunan tekanan darah ini sehingga akan merangsang jantung untuk bekerja lebih cepat dan memompa darah lebih banyak, serta mengaktifkan sistem saraf yang membuat pembuluh darah berkontraksi (menyempit) sehingga bisa menstabilkan tekanan darah. Namun, pada pasien dengan orthostatic hypotension terjadi gangguan pada sel khusus ini.

Gejala :
  • Sering pingsan.
  • Kepala sering berputar atau melayang disaat bangun setelah duduk terlalu lama atau tiduran.
  • Mata kunang-kunang atau lebih jelasnya penghliatan menjadi hitam semua.
  • Lemes dan linglung.
Penyebab Hipotensi :
  • Dehidrasi.
  • Efek samping obat seperti alkohol, anxiolytic, beberapa antidepresan, diuretik, obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner, analgesik.
  • Masalah jantung seperti perubahan irama jantung (aritmia), serangan jantung, gagal jantung.
  • Kejutan emosional, misalnya syok yang disebabkan oleh infeksi yang parah, stroke, anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam nyawa dan trauma hebat).
  • Perdarahan, dll. Anda sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter atau spesialis jika sering pingsan atau hipotensi mengganggu kualitas hidup Anda.
Jaga selalu kesehatan anda, penyakit ini masih bisa untuk menghilangkan gejalanya. Hindari terlalu lama berdiri atau duduk, perbanyak minum air putih dan perbanyak makan-makanan yg mengandung garam.
Sumber diambil dari : Google.
Maintained by Ingrid Catharina. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pageviews

Copyright © Design by Ingrid Catharina
Merci de votre Visite :)