Recent Posts

Selasa, 26 Maret 2013

0 komentar

Hubungan Timbal Balik antara Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja

        Hubungan Timbal balik antara Manajemen, Organisasi dan Tata kerja


A. Manajemen dan Organisasi.
         Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain. 
         Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi, dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.

B. Manajemen dan Tata kerja.
          Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
      Dengan tata kerja yg tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yg tepat pada pokoknya ditujukan untuk:
  a. Menghindari terjadinya pemborosan didalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.  
   b. Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
   c. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yg tepat
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat disebutkan seperti ini:
Manajemen, menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
- Tata Kerja, menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia. 

C. Manajemen, Organisasi dan Tata kerja.
       Eratnya hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut:
- Manajemen: Proses kegiatan pencapaian suatu tujuan melalui kerja sama antar manusia.
- Organisasi: Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
- Tata kerja: Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
       Dari konsep sebelumnya, jelas terbukti bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja, ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.


Fungsi Satuan Organisasi dan Metode

           
         Organisasi adalah sekumpulan orang atau badan yang mempunyai tujuan yang sama. Pandangan umum organisasi dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
a. Sebagai Wadah, tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b. Sebagai Proses, memperhatikan interaksi/kerja sama antar orang-orang yang menjadi anggota organisasi.
c. Sebagai Sistem:
    - Sistem sosial (antar sesama manusia),
    - Sistem fungsional (antar fungsi-fungsi yang dikaitkan secara tertentu dan integral untuk tercapainya suatu tujuan),
    - Sistem komunikasi (sistem tata saluran/arus informasi dalam organisasi ).
Maintained by Ingrid Catharina. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pageviews

Copyright © Design by Ingrid Catharina
Merci de votre Visite :)