Recent Posts

Rabu, 13 Maret 2013

0 komentar

Pengertian Organisasi dan Metode

Pengertian Organisasi dan Metode

Istilah Organisasi dapat diartikan sebagai:
1. Wadah, yaitu sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.
2. Proses, yaitu pengelompokkan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien.
Sedangkan, istilah metode berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
         Organisasi menurut para ahli:
    - Stoner mengatakan bahwa Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang dibawah pengarahan manajer mengejar tujuan yang sama.
    - James D.Mooney mengemukakan bahwa Organisasi dalam bentuk suatu perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
    - Chester I.Bernard berpendapat bahwa Organisasi merupakan suatu system aktifitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
    - Stephen P.Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus-menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekolompok tujuan.
       Pengertian organisasi dan metode (secara lengkap) adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yg menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
       Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksut yaitu:
   1. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya,
   2. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen,    
        a. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia, dan
        b. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
     Dari uraian diatas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
     Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pemimpin (manajer) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yg rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.

Sejarah Organisasi

       Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-prasarana, data dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. 
       Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yg dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti, pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.
       Orang-orang yang ada didalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus-menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan didalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.
Maintained by Ingrid Catharina. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pageviews

Copyright © Design by Ingrid Catharina
Merci de votre Visite :)